Blogger news

Thursday, November 13, 2014

Poros Maritim Apakah Itu?

3:49 AM

POROS MARITIM APAKAH ITU ?

Add caption

Sejak dahulu kepulauan nusantara ini menjadi jalur perdagangan yang penting untuk India dan Tiongkok, pada abad ke 7 kerajaan Sriwijaya berhasil membangun suatu imperium Maritim yang kekuasaanya membentang hingga Thailand dan Kamboja. Kemudian Majapahit mempersatukan kembali Nusantara di abad ke 14, Patih Gajah Mada bersumpah tak akan menikmati manisnya kehidupan duniawi sebelum berhasil menyatukan Nusantara.
Namun saat Portugis, Spanyol, Inggris dan Belanda melakukan kolonialisme di Hindia          (Indonesia) kedigjayaan itu dihancurkan, kerajaan-kerajaan di Nusantara di pecah belah lewat politik devide at empera (adu domba) sehingga satu persatu kerajaan ditaklukkan, ini berkonsekwensi pada hancurnya persatuan nasional.

Dalam berbagai kesempatan selama kampanye pemilu sebelumnya, presiden terpilih Joko Widodo  juga sering mengungkapkan cita-citanya untuk membawa dan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Impian serupa juga pernah diungkapkan Bung Karno dengan mengatakan bahwa bangsa yang kuat dan sejahtera harus menjadi bangsa bahari. 

Namun sebelum menjadi poros maritim dunia, Indonesia harus lebih dulu menjadi sebuah negara maritim, dimana sektor kelautan menjadi sentral kehidupan ekonomi dan pusat produksi utama.

Hingga saat ini secara ilmiah, Indonesia bukan sebuah negara maritim karena sebagian besar kehidupan masyarakat khususnya di lima pulau terbesar (Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian Jaya) tidak terpengaruh secara langsung oleh proses yang terjadi di lautan.

Namun secara geo-politik, historis, dan budaya, Indonesia dapat dijadikan sebagai sebuah negara maritim karena wilayah darat Indonesia dalam satu kesatuan yang dikelilingi oleh lautan dengan 2/3 wilayahnya merupakan laut dan jumlah pulau terbanyak di dunia serta salah satu garis pantai terpanjang di dunia.

Poros Maritim apa itu? ini konsep keunggulan geo strategis berbasis kekayaan bahari. jalesveva jayamahe. di laut kita jaya!

Indonesia negara maritim terbesar di dunia. sektor kelautan bisa menghasilkan seperempat APBN setara lima ratus triliun. namun belum dikelola dengan baik dan optimal. harus dibangun armada dan keterampilan serta sentra industri pengolahan dan perdagangan berbasis komunitas kelautan di sedikitnya sepuluh wilayah (zona) maritim.

Peran utama pemerintah adalah keberpihakan-pengarusutamaan-pada industri bahari melalui: akses modal untuk modernisasi, pendidikan sumber daya manusia dan investasi infrastruktur mandiri. seluruh kemampuan sebenarnya sudah kita kuasai. perubahan kebijakan dan regulasi hingga ke daerah dalam kerangka otonomi harus dilakukan terlebih dahulu. agar terjadi sinergi, kekompakan untuk mewujudkan cita-cita bersama. yang terpenting adalah bahwa keuntungan terbesar itu harus bersirkulasi di daerah bukan lari ke pusat seperti selama ini terjadi. sehingga daerah memiliki modal untuk turut menata sumber daya.

Instrumen lain untuk mewujudkan ini, yang harus dilakukan secara intensif-memanfaatkan teknologi pertahanan-adalah komitmen memperkuat kapasitas dan kemampuan deteksi serta penindakan di lautan untuk menegakkan kedaulatan maritim-memberantas aksi perompak, pencurian ikan, perusakan terumbu karang, wisata bahari liar, illegal logging dan human trafficking hingga penyelundupan yang setiap tahun telah merugikan negara hingga 300 triliun. bila ini berhasil diselamatkan, maka negara punya modal untuk proses lainnya.

Apakah tol laut? Tol laut adalah bagian dari poros maritim, tol (tax on location) diterapkan pada jalur laut kita yang akan menjadi penghubung (hub) pelayaran, perdagangan, arus keluar masuk barang dan manusia di kawasan asia khususnya ASEAN. ada sejumlah pelabuhan deep sea port dikembangkan sebagai pintu export dan import - antara lain yang sekarang sedang dibangun melalui konsep pendulum nusantara di medan, batam, jakarta, surabaya, makassar, sorong - dilengkapi dengan kawasan pergudangan, bongkar muat serta pusat distribusi domestik modern berbasis IT management-single gateway-untuk kepabeanan dan keimigrasian. setiap port didukung oleh sepuluh pelabuhan lain disekitarnya dan sentra industri kelautan.

Di darat infrastruktur ini diintegrasikan dengan modal transportasi massal: double track railway, highway atas laut khusus untuk distribusi logistik dalam wilayah ke pedalaman maupun antar wilayah yang berdekatan serta akses ke bandara untuk kombinasi angkutan lintas udara khususnya jenis perintis. Prioritas pembangunan jalur mengikuti dinamika pertumbuhan potensi dan komoditas unggulan setempat.

Kritik konsep tol laut datang dari operator ekspedisi laut dan pakar logistik, alasan utamanya keseimbangan payload (cargo), karena arus komoditas cenderung satu arah dari barat ke timur saja dengan jenis muatan yang berbeda. Contoh: sembako dari jakarta ke sorong diangkut dengan kapal cargo besar, saat kembali: kosong. tak ada komoditas dalam volume yang setara dari timur ke barat. dari sorong ke jakarta didominasi oleh orang (penumpang) bukan barang, tentu saja tidak dapat diangkut dengan kapal cargo. ketimpangan berakibat pada ketidakpastian jadwal pelayaran, proses bongkar muat, pergudangan. di sejumlah pelabuhan indonesia timur, kapal bersandar bisa hingga satu bulan untuk bongkar muat dan menunggu tercapainya kapasitas minimum payload. akibatnya kerugian dan naiknya biaya. Ini sebab mengapa harga semen di papua bisa 10x lipat di makassar. sehingga harga apel malang di sumatera bisa kalah bersaing dengan buah sejenis asal australia.

Di belakang konsep tol laut ada tujuan yang lebih besar daripada sekedar reduksi biaya logistik yang mencapai 27% PDB, untuk menjembatani disparitas harga yaitu dengan upaya pemerataan pembangunan dan pertumbuhan. caranya adalah memindahkan sentra industri dan infrastrukturnya, seperti pembangkit listrik dan pasokan gas ke timur dengan rentang sebaran sekitar zona maritim. didampingi program pemberdayaan potensi UKM unggulan setempat. Tidak cukup hanya itu, setelah infrastruktur dan dinamika industri berkembang, maka pusat bisnis juga didorong untuk menyebar sehingga seluruh zona menjadi pasar-pasar baru yang bukan hanya beragam tapi juga memiliki kekuatan komoditas yang berimbang.

Catatan: untuk memperjelas posisi daya saing, ongkos logistik thailand 15%, malaysia 10% dan singapura 8%. pertimbangkan kondisi geografisnya, kita memiliki tantangan yang lebih kompleks. apabila poros maritim berjaya maka angka itu bisa kita tekan di bawah 10%! maka situasi akan berbalik drastis, kondisi geografis justru menjadi keuntungan. inilah game changer yang bisa kita raih apabila sebagai bangsa bertekad, disiplin, komitmen, terus menerus mengalihkan dominasi supply chain yang semula tergantung pada impor kini harus mengandalkan komoditas dan kekuatan pasar dalam negeri!

Sebagai contoh komoditas pangan, perkebunan di barat akan dipertukarkan secara seimbang dengan hasil pertambangan dan produk perikanan di timur. demikian juga distribusi dan lalu lintas sumber daya manusia beserta keahliannya. maka tercipta pemerataan sosial ekonomi yang sekaligus memperkuat persatuan dan ketahanan.

Konsep ini sebenarnya tidak baru. pemerintahan Sby-Jk dan Sby-Boediono juga telah merumuskan bukan hanya pendulum nusantara tetapi juga enam koridor di dalam master plan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi indonesia-MP3EI sesuai amanat UU 17/2007 tentang RPJMN. Masalahnya adalah kurang komitmen percepatan dan minim keberanian melakukan terobosan. adalah tugas pemerintah untuk mendorong melalui alternatif upaya seperti melibatkan swasta.


Ide segar yang menjadi daya tarik konsep poros maritim Jokowo-Jk adalah bukan hanya sekedar melanjutkan dan mempertajam konsep yang sudah ada, tapi juga menjadikan indonesia sebagai simpul utama distribusi asia pasifik. sebagaimana singapura yang menjadi hub perdagangan, transportasi dan telekomunikasi. kita punya kesempatan mengambil alih peran itu dengan mengubah dominasi supply chain yang diciptakan dari dalam negeri dengan komoditas dan kekuatan pasar sendiri yang saling mencukupi. di era globalisasi harus jadi tuan di negeri sendiri.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Dono Ngeyel. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top