Blogger news

Friday, October 24, 2014

Susahnya Memilih Mentri

8:20 AM


Dari berita yang kita lihat di media elektronik dan kita baca di media cetak, terlihat Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengalami kesulitan dalam menentukan nama-nama mentri yang akan membantu beliau 5 tahun kedepan.

Ini di akui oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, ia bersama Presiden Jokowi mengalami kesulitan dalam menentukan nama-nama menteri. Pengumuman pun sempat ditunda hingga 4 hari setelah keduanya dilantik. 

Ketua Presidium Koalisi Merah Putih (KMP) Aburizal Bakrie menilai wajar apabila Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla cukup lama menyusun kabinet pemerintahannya. Dia mengatakan, tak dapat dipungkiri pastinya banyak kepentingan-kepentingan yang mencoba menyandera Jokowi-JK dalam proses pemilihan nama-nama menteri.

Sedangkan Pengamat Geopolitik Global, Shanti Darmastuti menyebut adanya tarik menarik antara modal asing yang sangat kuat dalam penyusunan komposisi kabinet pada pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla.

Hal ini terlihat dari komposisi kandidat kabinet yang masih menggadang kelompok neoliberal. Kabinet Jokowi harus secara konsisten menjalankan amanat trisakti, karena hal itu telah disampaikan  Presiden Jokowi dalam pelantikan di MPR beberapa waktu lalu

Dia juga menyebut kabinet Trisakti hanya akan terbangun di atas tiga fondasi, yakni pertanian, perikanan, maritim yang kuat, industri yang kokoh dan keuangan yang kuat, bebas dari utang luar negeri dan ketergantungan pada modal asing.

Wakil Presiden jusuf Kalla mengatakan bahwa kesusaham dalam proses pemilihan nama-nama mentri adalah :

1.    Mencari atau memutuskan orang yang punya keahlian, kredibel, leadership, pengalaman yang baik.

2.   Bagaimana pemerintah membentuk kabinet yang seimbang antara kelompok teknokrat atau profesional dan profesional yang berasal dari partai.

3.   Bagaimana kita mengharmonisasikan wilayah-wilayah. Ini kan Nusantara, dari Jawa, Sumatera, Kalimantan. Musti sama, agama harus seimbang, ada laki-laki dan ada perempuan.

Mengutip kata-kata Pak JK “untuk sesuatu yang panjang diperlukan pengkajian yang mendalam”. Kita berharap bersama semoga Kabinet yang di bentuk oleh Pak Jokowi dan Pak Jk sesuai dengan keinginan kita bersama. Dan Selalu bekerja, bekerja dan bekerja. Amin Ya Robbal Alamin.
 

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Dono Ngeyel. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top